088470800_1495007244-4

Salah satu momen yang paling ditunggu umat Muslim saat Bulan Ramadhan adalah menjelang berbuka yang biasanya diisi dengan aktivitas ngabuburit. Sebagian besar orang mengisinya dengan berbelanja makanan yang sedang ada promo Ramadhan. Belanja merupakan hal yang wajar, tapi jika berlebihan, bisa mubazir. Nah, untuk menekan keinginan overshopiing ini, ikuti tips berikut.

  1. Siapkan List Barang Belanjaan

Tips pertama agar bisa mengalahkan naluri shopaholic Anda adalah dengan menyiapkan list berisi barang apa saja yang ingin Anda beli. Misalnya, Anda ingin beli minyak goreng kemasan dan blender, maka fokus mencari kedua barang tersebut. Boleh saja jika tergerak untuk melirik-lirik handphone dan perangkat gawai lainnya, tapi ingat, hanya melihat.

Akan lebih baik lagi jika sudah membeli barang-barang tersebut, Anda langsung pulang ke rumah (jika belanja offline) atau menutupaplikasi (jika belanja online). Dengan fokus pada barang dalam list, maka Anda juga bisa sekalian berhemat.

  1. Bawa Uang Secukupnya

Membatasi uang yang akan digunakan untuk belanja juga menjadi tips ampuh bagi Anda yang tidak ingin menjadi shopaholic. Anda bisa melihat-lihat barang lain di luar list dengan bebas dan sepuasnya. Tapi, tidak ada kesempatan untuk memborong semuanya meski ada banyak promo sekalipun.

Bagaimana ingin belanja barang di luar list jika uanganya saja tidak ada? Selain uang tunai, bagi Anda yang memiliki kartu kredit, alat pembayaran praktis ini juga sebaiknya jangan dibawa atau digunakan. Jika memang ada barang lain yang sifatnya sekunder, Anda bisa melihat harganya dulu dan memasukkannya dalam list belanjaan berikutnya.

  1. Pilih Satu Online Shop

Anda suka belanja online? Memang banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari belanja online ini. Anda bisa belanja kapanpun dan dimanapun, meski butuh sedikit waktu untuk menunggu barang yang dipesan dan beli tersebut sampai di tangan Anda.

Tapi, jangan membuka banyak aplikasi belanja online karena bisa membuat Anda selalu ‘lapar’ belanja. Apalagi jika barang-barang tersebut dikemas dalam promosi yang sangat menarik, tentu akan semakin banyak orang yang tertarik.

Padahal barang-barang tersebut belum tentu akan digunakan secara efektif karena alasan tertentu, misalnya ada barang serupa di rumah yang masih berfungsi dengan baik. Sanagt mubazir jika Anda memaksakan diri untuk membelinya. Jadi, jalan satu-satunya adalah hanya membuka satu aplikasi belanja online dan pilih barang yang benar-benar dibutuhkan.

  1. Sedekahkan Cashback Diskon

Jika Anda mendapat cashback atau diskon sehingga uangnya masih bersisa, jangan tergiur untuk membeli barang lain di luar list. Karena pada kesempatan belanja berikutnya, Anda terbiasa untuk menambah uang belanja di luar anggaran dalam list.

Jika sudah demikian, maka keinginan untuk overshopping bisa kembali muncul. Jalan satu-satunya adalah dengan menyedekahkan uang kembalian tersebut. Tapi, Anda juga perlu membuat anggaran tersendiri untuk sedekah ini. Apalagi di Bulan Ramadan yang semua amal ibadah, termasuk sedekah, akan dilipatgandakan pahala dan kebaikannya oleh Allah.

Selain itu, jika belanja offline, Anda perlu mengantisipasi batalnya puasa akibat terlalu lelah berkeliling. Jadi, pilihan tepat adalah dengan belanja online, seperti di Bibli.com. Berbagai produk dijual dengan harga murah karena sedang ada promo Ramadhan. Ingin beli kebutuhan dapur, gawai, barang elektronik, home and living, semuanya tersedia di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585