Jogja kerap menjadi destinasi wisata yang paling diburu saat musim liburan di nusantara. Banyak orang dari penjuru Indonesia datang ke tempat ini untuk sekedar liburan dan melepas stres. Akan sulit pada masa ini untuk mendapatkan penginapan murah di Jogja. Tapi, sulit bukan berarti tak bisa. Anda tetap bisa mendapatkan penginapan murah di masa ini.

super deluxe room surya citra jogja

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa mendapatkan penginapan yang murah selama liburan di masa libur panjang. Dengan mendapatkan penginapan yang harganya terjangkau, Anda bisa menghemat biaya liburan Anda. Dana liburan tersebut bisa dialihkan untuk hal lainnya. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan penginapan murah di saat ini?

  1. Cek Online Travel Agent

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penginapan murah selama liburan di Jogja saat musim liburan adalah dengan mengeceknya via online travel agent atau OTA. Masa liburan seperti libur panjang sekolah tingkat permintaan sewaan hotel akan sangat tinggi. Harganya pun menjadi lebih mahal.

Dengan memanfaatkan online travel agent, Anda bisa mengecek harga, kelas hotel, fasilitas yang akan Anda dapatkan dan memesan kamar melaluinya. Dengan bantuan online travel agent ini, Anda jadi tak perlu berkeliling Jogja untuk mendapatkan penginapan yang murah selama di Jogja.

  1. Cari Hotel di Ring Terluar

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penginapan murah di Jogja selama musim liburan adalah mencari hotel yang ada di ring terluar. Anda bisa mencari hotel di ring 2 atau ring 3 yang letaknya agak jauh dari pusat kota atau objek wisata. Dengan memilih hotel di ring terluar ini, Anda bisa mendapatkan hotel termurah.

Setidaknya, ada lebih dari 1.100 hotel non bintang di ring terluar ini. dari 1.100 hotel, setidaknya ada 13.500 kamar hotel yang bisa Anda sewa. Letak ring terluar ini ada setelah Monumen Tugu Jogja hingga Kaliurang dan Bantul. Malah, Anda tetap bisa mendapat hotel di sekitar Keraton Jogja.

  1. Pesan Minimal Seminggu Sebelumnya

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penginapan murah dari daftar penginapan murah di kota Jogja adalah dengan memesan seminggu lebih awal. Satu minggu sebelum menginap di hotel tersebut adalah waktu yang baik untuk memesan kamar hotel. Sebab, Anda bisa mengantisipasi kehabisan kamar hotel dan pilihannya masih banyak.

  1. Hindari Last Minute Booking

Jangan pernah memesan kamar hotel saat masa last minute booking. Hal ini akan sangat berisiko. Sebab, bisa jadi kamar hotel di masa ini sudah habis. Jadi, risiko tidak mendapat kamar hotel lebih besar. Harganya juga biasa dipatok lebih tinggi ketimbang bila Anda memesan jauh-jauh hari bahkan untuk hotel kelas rendah sekalipun.

  1. Pastikan Informasi Mengenai Hotel Tempat Menginap

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kamar hotel di masa liburan panjang adalah memastikan informasi yang Anda dapat tepat. Pastikan informasi mengenai jumlah kamar, fasilitas, jarak dengan tempat wisata dan harga tepat. Ini untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana sehingga Anda tak perlu ganti hotel bila tak sesuai dengan Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menemukan penginapan murah di Jogja selama musim libur panjang. Dengan menerapkan cara ini, Anda bisa mendapatkan hotel yang harganya terjangkau saat musim liburan yang padat. Jadi, Anda tak perlu pusing dengan biaya penginapan yang mahal bila tak bisa mendapatkan yang murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585