Cacar air pada anak utamanya lebih sering terjadi daripada cacar yang menyerang para orang dewasa. Pada dasarnya telah sejak lama dipercaya jika per individu hanya sekali saja mengalami cacar air seumur hidup. Karena setelah itu individu tersebut akan secara otomatis membuat antibodi spesifik untuk virus Varicella zoster yang mana menjadi penyebab cacar.

9953_anak-cacar-air

Cacar air seringkali menyerang pada anak lantaran rendahnya sistem higienitas personal serta mungkin saja rendahnya sistem imunitas tubuh yang tengah dimiliki. Untuk itulah sebagai para orang tua sudah selanyaknya mengambil peran sentral untuk memberikan arahan pencegahan maupun usaha pengobatan saat anak terserang gejala cacar air sebagai berikut.

Ciri Gejala Cacar Air pada Anak

Cacar air pada anak biasanya ditandai dengan munculnya gejala tak enak badan. Muncul demam, keluhan pusing, sangat lemas serta sakit pada bagian otot. Nafsu makan juga menurun drastis bahkan kerap pula disertai dengan gejala mual. Yang paling kentara yakni akan disertai pula dengan muncul ruam kulit berupa bentol gatal dan nyeri yang mengganggu.

Anak yang terkena cacar air biasanya kesulitan untuk beraktivitas secara normal layaknya sewaktu sehat pada hari biasanya. Gangguan mood juga bisa mempengaruhi anak lantaran gejala tak enak badan sekaligus serangkaian gejala penanda cacar yang dialaminya. Gejala cacar air biasanya akan sembuh dengan sendirinya juga secara alamiah setelah beberapa hari.

Pengobatan Cacar Air pada Anak

Pengobatan yang bisa diberikan kepada anak yang terkena cacar air biasanya yakni resep obat antihistamin untuk mengurangi keluhan gatal yang mendera pada bagian bentol kulitnya. Hal yang harus diperhatikan pula bahwa sebisa mungkin anak jangan sampai terkena udara berlebihan lantaran dapat semakin memperparah terjadinya ruam pada kulit tubuh sang anak.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan yakni usaha untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga mampu untuk pulih maksimal secara jauh lebih cepat. Usahakan anak yang tengah terkena cacar air mendapat asupan makanan semisal buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ya. Hal ini bagus untuk imunitas sekaligus juga untuk kulitnya.

Pencegahan Cacar Air pada Anak

Pencegahan yang biasanya paling utama agar anak terhindar dari cacar air terutama jika terdapat teman yang mengalami cacar air dan berpotensi menulari adalah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuhnya. Berikan makanan bergizi seimbang agar daya tahan tubuh anak tidak drop. Jangan lupa untuk menjaga higienitas tubuh juga harus diperhatikan.

Cacar air pada anak juga bisa dicegah dengan tak bersinggungan atau bertukar barang pribadi secara langsung dengan anak lain yang tengah menderita cacar. Selain itu usahakan juga untuk rajin cuci tangan dengan sabun anti mikroba yang terpercaya. Hal ini demi meminimalisir risiko kontak dengan virus Varicella zoster misalnya yang memicu cacar air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585