Anda mungkin pernah atau sering melakukan perjalanan. Baik itu di dalam maupun di luar negeri. Misalnya saja karena tugas kantor ataupun hal lainnya. Agar Anda terjamin, sebaiknya milikilah asuransi perjalanan di Indonesia. Dengan asuransi ini, Anda bisa lebih terlindungi dari berbagai hal buruk yang bisa saja menimpa Anda selama perjalanan.

39844484 - young man flying on blue sky wearing snorkeling mask and holding luggage use for people traveling by plane to destination sea island and summer vacation holiday theme

Ada banyak asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih. Baik itu yang konvensional maupun yang bisa dibeli secara daring. Namun, sebaiknya Anda tidak langsung pilih. Ada hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli asuransi perjalanan ini. Tentu saja tujuannya agar Anda mendapatkan asuransi terbaik yang akan melindungi Anda secara maksimal. Apa saja?

  1. Apa Saja yang Dilindungi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan adalah lihat apa saja yang dilindungi dari asuransi perjalanan tersebut. Maksudnya, seberapa luas cakupan perlindungan yang bisa Anda dapatkan. Biasanya, luasnya cakupan perlindungan ini tergantung dari jenis asuransi perjalanan yang Anda pilih.

Misalnya saja Anda memilih untuk membeli asuransi perjalanan satu kali atau single trip insurance. Dalam asuransi ini, hanya akan melindungi Anda saat melakukan perjalanan satu hingga beberapa kali saja tergantung dari jumlah yang disepakati. Perlindungan yang diberikan pada Anda biasanya hal yang standar.

Misalnya saja risiko kecelakaan, kehilangan atau kerusakan barang di bagasi, penggantian biaya berobat darurat, risiko keterlambatan dan pembatalan pesawat, evakuasi medis hingga risiko untuk rumah ditinggal. Besaran dari asuransi yang satu ini biasanya tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi yang Anda pilih.

  1. Berapa Besar Perlindungan yang Diberikan

Saat memiliki asuransi perjalanan di Indonesia, Anda pasti akan membayar premi dalam jangka waktu yang ditentukan, kan? Sebagai timbal baliknya, Anda akan mendapatkan sejumlah dana perlindungan saat melakukan klaim. Perhatikanlah seberapa besar dana perlindungan yang diberikan pada Anda.

Sebagai gambaran saja, perjalanan di negara ASEAN selama seminggu biasanya ada asuransi yang mengharuskan Anda membayar premi senilai Rp120.000,-. Besarnya perlindungan yang bisa Anda dapatkan sekitar 1.000 USD untuk pembatalan penerbangan. Lalu, untuk kehilangan barang berharga seperti laptop adalah 700 USD.

Sedangkan untuk penundaan penerbangan, dari nilai premi tersebut Anda bisa mendapat dana tanggungan sebesar 100 USD. Sedangkan bila Anda mengalami kecelakaan dan meninggal dunia selama liburan, keluarga akan menerima kompensasi senilai 25.000 USD. Angka di atas adalah gambaran yang sudah ditentukan pihak asuransi. Sangat memadai, kan?

  1. Berapa Masa Aktifnya

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah masa aktif dari asuransi perjalanan tersebut. Poin yang satu ini biasanya juga tergantung dari jenis asuransi yang Anda ambil. Misal Anda mengambil asuransi perjalanan tahunan, maka Anda akan memperoleh perlindungan selama satu tahun penuh berapa kalipun Anda melakukan perjalanan.

Sedangkan bila Anda membeli asuransi perjalanan satu kali, Anda hanya akan memperoleh perlindungan terhadap risiko selama perjalanan dari satu hingga beberapa kali saja tergantung jumlah yang disepakati. Nah, bagi Anda yang sering bepergian, ada baiknya memilih asuransi perjalanan tahunan agar lebih hemat dan tak repot membeli asuransi berkali-kali.

Sudah menemukan asuransi perjalanan di Indonesia yang tepat untuk liburan Anda? Jika belum, Anda bisa mulai mencarinya dengan memperhatikan hal-hal di atas, ya! Ingat, perhatikan baik-baik agar Anda bisa mendapatkan asuransi yang paling baik. Asuransi yang baik pastinya akan memberikan perlindungan yang maksimal untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585