039186100_1465202716-pedulisehat_info

Bibir pecah-pecah bukan persoalan yang bisa Anda anggap remeh. Celah-celah yang terlihat berwarna merah terasa menyakitkan, bahkan kadang sampai berdarah. Hal itu terjadi karena bibir kehilangan kelembapannya. Oleh karena itu, inilah 5 cara jitu untuk mengatasi persoalan tersebut yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

  1. Menggunakan Madu

Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya cukup mudah, oleskan madu beberapa kali pada bibir dan tunggu madu tersebut bekerja untuk melembapkan bibir Anda.

Madu merupakan pelembab alami yang mempunyai sifat anti bakteri. Cara memperolehnya pun terbilang sangat mudah, Anda bisa membelinya di toko-toko terdekat. Oleh karena itu, madu bisa menjadi solusi yang mudah untuk bibir kering dan pecah-pecah Anda.

  1. Pastikan Cairan Tubuh Cukup

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa cairan tubuh Anda cukup dengan banyak minum. Apalagi, jika Anda sering beraktivitas di luar dan berkeringat.

Menjaga kestabilan cairan tubuh juga sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda sendiri. Apalagi di saat cuaca panas atau kondisi berkeringat, Anda perlu minum air yang cukup. Selain itu, cairan tubuh yang selalu terpenuhi dapat mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

  1. Penuhi Nutrisi Tubuh Anda

Tahukah Anda, bahwa kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah? Kekurangan vitamin B, asam lemak essensial, maupun zat besi dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, khususnya di sudut bibir.

Maka, memenuhi nutrisi tubuh Anda sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, hal itu juga bisa untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah Anda. Penuhi semua nutrisi itu dengan meminum suplemen multivitamin.

  1. Hindari Menggigit ataupun Menjilat Bibir

Kebiasaan menggigit bibir akan meninggalkan trauma yang dapat merusak lapisan epidermis bibir. Sehingga, bibir akan mudah mengalami pecah-pecah dan juga kering. Jadi, Anda harus menghindari kebiasaan mengigit bibir ini.

Menjilat bibir juga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah semakin parah. Alih-alih melembapkan, kebiasaan menjilat bibir dengan ludah justru menambah buruk keadaan. Bibir yang basah oleh air ludah jusru akan mengalami pengeringan yang lebih cepat.

  1. Menggunakan Lip Balm

Salah satu cara jitu melindungi bibir dari udara kering dan panas adalah menggunakan lip balm. Lip balm bermanfaat melembapkan bibir dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Salah satu lip balm yang sangat ampuh untuk mengatasi problem ini adalah Vaseline.

Menggunakan Vaseline sebagai lip balm membuat lapisan kulit bibir yang kering akan terkelupas secara alami. Lalu, lapisan tersebut diganti dengan lapisan sel kulit yang baru. Selain itu, Vaseline juga menutrisi bibir. Jadi, bibir Anda terasa lebih lentur dan tidak mudah pecah-pecah dan kering.

Demikian 5 cara jitu mengatasi bibir pecah-pecah yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa melakukan kelima cara tersebut, atau memilih salah satu cara yang termudah dan tercepat untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Menggunakan lip balm Vaseline sangat direkomendasikan karena mudah dan cepat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585