9 Tips Efektif Mencegah Kerontokan Rambut, 9 Tips Efektif Mencegah Kerontokan Rambut

9 Tips Efektif Mencegah Kerontokan Rambut

Mencegah kerontokan rambut – Rambut merupakan mahkota kepala, benarkan? Jadi sudah seharusnya kita menjaga keindahan rambut agar rambut tetap sehat, kuat dan juga indah. Namun seringkali rambut kita tetap rontok walaupun kita sudah merwatnya dengan baik. Menurut sejumlah pakar rambut, rambut rontok merupakan hal yang alami terjadi. Kerontokan rambut secara alami berguna untuk menggantikan rambut tua dan rusak dan mnggantinya dengan tunas rambut yang baru. Namun yang menjadi masalah adalah ketika rambut anda terjadi kerontokan lebih dari 100 helai rambut perhari maka hal tersebut perlu diwaspadai. Rambut idealnya akan rontok secara alami dan kurang dari 100 helai rambut / hari masih dikatakan wajar. baca juga cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami.

Lalu bagaimana cara mencegah kerontokan rambut, rambut yang rontok terus menerus jika dibiarkan akan terjadi kebotakan. Nah berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk mencegah kerontokan rambut secara alami. Jika anda sudah terlanjur memiliki rambut rontok, baca mengatasi rambut ontok secara alami.

9 Tips Efektif Mencegah Kerontokan Rambut

Menghindari stress
Stres merupakan salah satu faktor penyebab masalah kesehatan, tidak terkecuali kesehatan rambut. Stres atau tekanan pikiran akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan menurun karena dampak dari stres akan mempengaruhi gaya hidup maupun pola makan. Jika pola makan kita berubah maka nutrisi yang dibutuhkan untuk menguatkan dan menutrisi akar rambut akan berkurang dan hasilnya akan terjadi kerontokan rambut.

Pola hidup sehat
Salah satu cara untuk mencegah rambut rontok adalah dnegan menyesuaikan jenis makanan yang akan kita konsumsi, salah satu makanan yang bisa mencegah rambut rontok sendiri adalah makanan yang mengandung banyak Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C serta Vitamin E. Vitamin yang saya sebutkan tadi berfungsi untuk menguatkan akar rambut, memproduksi minyak alami pada folikel rambut dan menutrisi rambut agar tetap kuat.

Pemijatan kulit kepala dengan minyak
Pemijatan pada kulit kepala bertujuan untuk melancarkan sistem peredaran darah dikepala sehingga nutrisi yang dibutuhkan rambut dapat terserap sempurna oleh akar rambut, sedangkan minyak yang berguna untuk pijatan dikulit kepala serta berkhasiat untuk menghaluskan folikel rambut, menguatkan serta membuatnya lebih berkilau seperti minyak zaitun, minyak orang aring, minyak kelapa dll.

Gel Lidah buaya
Anda pasti pernah membaca produk perawatan rambut ataupun shampoo, terkadang banyak yang menggunakan aloe vera (gel lidah buaya). Untuk itulah kenapa tumbuhan ini sekarang ini sedang booming dimasyarakat karena kegunaannya yang sangat banyak baik untuk industri kesehatan maupun kecantikan. Lidah buaya mengandung banyak vitamin seperti A, C, E, mineral, antiseptik alami yang berguna untuk kesehatan rambut.

Hindari kontak langsung sinar matahari
Kita semua mengetahui bahwa dalam sinar matahari terdapat UV (ultra violet) yang menyebabkan kerusakan pada rambut. Kerusakan dipicu akibat minyak alami dirambut hilang karena sengatan matahari. Sehingga rambut rentan terhadap kerusakan dan masalah pada rambut seperti rambut terbakar, rambut merah, rambut bercabang dan kerontokan rambut. Nah jika anda memang diharuskan untuk beraktifitas cukup lama dibawah sinar matahri ada baiknya untuk menggunakan topi atau penutup kepala untuk melindungi rambut anda.baca juga cara mengatasi rambut kering.

Hindari Air panas
Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa panas bisa menyebabkan minyak alami dalam rambut hilang seperti saat anda mandi air panas. Usahakan untuk tidak membasahi rambut anda menggunakan air panas. Hindari juga produk styling untuk perawatan rambut seperti hair dryer, catok atau lain lainnya.

Hindari menyisir rambut saat basah
Dalam keadaan basah, rambut akan menempel satu sama lain sehingga jika anda sisir hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut karena sisir tidak terhambat oleh helai helai rambut yang berkaitan atau menempel. Usahakan hindari proses penyisiran rambut, sebelum menyisir pastikan rambut anda dalam keadaan kering.

Gunakan sisir yang memiliki gigi jarang
Sisir bergerigi jarang tentunya akan menyisir rambut dari akar ke ujung rambut lebih mudah ketimbang sisir dengan gerigi rapat, menggunakan sisir gerigi rapat memiliki resiko lebih tinggi rambut rontok daripada sisir bergerigi jarang.

Jangan ikat Rambut terlalu kuat
Hindari mengikat rambut yang terlalu kuat, kenapa demikian? Karena mengikat rambut yang terlalu kuat akan membuat rambut anda mudah rusak, mudah patah dan tentunya mudah rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585