Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan, Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan

Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan

Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan
Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan. Ubi ungu mempunyai rasa yang enak saat disajikan sebagai keripik. Rasanya yang manis membuat keripik dari ubi ungu dicari dimanapun. Ubi kayu tidak hanya diolah menjadi keripik saja, ubi ungu bisa dijadikan campuran dalam membuat nasi ungu, gethuk ungu dan panganan lainnya yang biasanya terbuat dari bahan dasar ubi. Selain karena rasanya yang manis, ubi ungu diburu juga karena kandungan manfaatnya.
Warna ungu pada ubi menggambarkan banyaknya manfaat yang bisa didapat dengan konsumsi ubi ini. Pencegahan penyakit seperti diabetes, kanker, asamta dan masih banyak lagi adalah alasan mengapa ubi ungu menjadi primadona diantara ubi yang lain. Bahasan kali ini akan mengulas ubi ungu yaitu mengenai kandungan gizinya dan khasiat ubi ungu untuk kesehatan. Semoga bahasan kali ini bermanfaat untuk anda semua.

Kandungan Gizi Ubi Ungu

Dalam satu buah ubi ungu bisa didapatkan beberapa mineral yang sangat penting untuk tubuh. Kandungan gizi ubi ungu adalah serat, karbohidrat kompleks, beta karoten, vitamin C, vitamin B6 dan kalium, zat besi dan kalsium. Dengan melihat jejeran mineral yang terkandung dalam ubi ungu, atau pada umumnya semua ubi jalar, bisa dilihat khasiat yang bisa didapat dari sana.

Khasiat Ubi Ungu

Mencegah Kanker
Ubi ungu bisa mencegah kanker. Kandungan beta karoten dalam ubi ungu mampu menangkal radikal bebas yang masuk dan merusak sel sel dalam tubuh. Tingginya kandungan karotin betaskaroten dalam ubi ungu mampu mencegah kanker pada wanita dengan efektif.
Menjaga Tekanan Darah
Ubi ungu bisa digunakan untuk menjaga tekanan darah. Apabila anda mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi, maka makan ubi ungu bisa menjadi solusi murah namun sangat berguna. Kandungan kalium dalam ubi ungu mempunyai peranan penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. Kalium juga mengontrol tekanan dan detak jantung agar normal. Kalium juga berfungsi untuk mengontrol otot dan saraf dalam tubuh memberi energi pada bagian ini. Orang dewasa memerlukan rata rata 4.700 kalium per harinya. Karenanya kita memerlukan jumlah sumber kalim yang cukup besar. Ubi jalar bagaimanapun bukan satu satunya sumber kalium jadi bisa kalium didapat dari sumber yang lain, seperti jeruk, pisang, dan lainnya.
Menurunkan Berat Badan
Konsumsi ubi ungu atau ubi jalar akan memudahkan anda untuk menurunkan berat badan apalagi bila dikonsumsi dengan rutin setiap hari. Ubi ungu mengandung karbohidrat kompleks yang lebih lama disimpan dalam perut dan membuatnya kenyang lebih lama. Konsumsi ubi jalar secara rutin juga menurunkan kadar kolesterol karena ubi jalar memiliki serat larut yang membantu menurunkan kadar LDL darah.
Sumber Vitamin A Terbaik
Ubi ungu memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A ini ditunjang karena adanya kandungan beta karoten yang cukup banyak. Didalam tubuh beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dan menyediakan 200 persen kebutuhan vitamin A dalam sehari untuk tubuh. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat beta karoten sangat banyak. Untuk beta karoten sendiri dapat didapatkan pula pada sayur dan buah buahan yang berwarna oranye, kuning, hijau dan ungu.
Mengatasi Asma
Konsumsi ubi ungu bisa mengurangi frekuensi asma untuk kambuh lebih sering. Asma adalah penyakit yang belum bisa disembuhkan. Dengan konsumsi ubi ungu dengan rutin akan membantu mengurangi gejala asma seperti hidung mampet dan susah bernafas karena paru paru sulit memompa udara.
Mengontrol Diabetes
Konsumsi ubi ungu bisa membantu para penderita diabetes untuk mengontrol gula darah. Kandungan gula alami dalam ubi jalar cukup untuk memenuhi kebutuhan gula dan karbohidrat dalam sehari. Karbohidrat kompleksnya membantu mengenyangkan perut lebih lama.
Demikian itulah beberapa manfaat dari ubi ungu untuk kesehatan yang bisa anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Selain ubi ungu, ternyata daun singkong juga memberikan manfaat yang baik, baca: Manfaat Daun Singkong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585