Loon Copter, Drone yang Dapat Menyelam, Loon Copter, Drone yang Dapat Menyelam

Loon Copter, Drone yang Dapat Menyelam

Loon Copter, Drone yang Dapat Menyelam
Seperti sudah kita ketahui, drone adalah sejenis pesawat tanpa awak. Drone belakangan ini juga telah menjadi hobi yang cukup populer.
Jika biasanya drone terbang tinggi di udara, maka drone rancangan Embedded System Research dari Oakland University ini dapat mengapung bahkan menyelam di dalam air.
Adalah Loon Copter, drone dengan kemampuan 'amfibi' pertama di dunia. Prototipe dari Loon Copter melakukan uji coba pada awal 2015 kemarin.
Sejatinya, fisik dari Loon Copter tak berbeda jauh dengan drone pada umumnya. Saat mengudara, ia beroperasi seperti biasa. Namun ada bagian istimewa yang membuatnya dapat menyelam.
Loon Copter dipersenjatai dengan ballast, yakni tangki untuk mengatur air masuk atau keluar seperti kapal selam.
Ketika hendak menyelam, drone terlebih dahulu mengapung untuk menyedot air masuk ke dalam tangki hingga akhirnya massa drone lebih besar dan bisa menyelam ke bawah permukaan air.
Setelah itu, drone berputar 90 derajat. Baling-baling kini berfungsi untuk mendorong drone melaju ke depan. Ketika akan naik ke permukaan, air dalam tangki ballast akan dipompa keluar. Saat mengapung, drone juga bisa terbang kembali.
Loon Copter, Drone yang Dapat Menyelam
Prototipe pertama Loop Copter menyabet gelar pemenang dalam UAE Drones for Good Award. Rencananya, drone ini ditujukan untuk tim SAR dalam pencarian korban hilang di dalam perairan.
Berbeda dengan kapal selam yang hanya bisa menyelam dan mengapung, Loop Copter sanggup mengudara sehingga dinilai lebih fungsional.
Tim pengembang mengaku masih memperbaiki drone ini. Misalnya bentuk tangki ballast yang akan didesain lebih efisien ketika menyelam. Serta komunikasi nirkabel di dalam air.
Sumber: Oakland University, MetroTV News, Mashable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585