Panduan Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Agar Cepat Berbuah, Panduan Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Agar Cepat Berbuah

Panduan Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Agar Cepat Berbuah

Tips Pertanian – Tomat merupakan sayuran yang memiliki struktur buah. Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi mulai dari 0-1500 meter dpl, tergantung dari varietasnya. Tanaman tomat ini menghendaki tanah yang gembur dan subur dengan pH sekitar 5,5 – 7. Dalam alam bebas, pohon tomat berbentuk perdu, ketinggiannya dapat mencapai tinggi 3 meter. Namun, setelah dibudidayakan tanaman ini hanya memiliki tinggi tidak lebih dari 2 meter dan biasanya ditopang oleh air atau tali untuk menahan agar tidak roboh.
Cara Menanam TomatTanaman tomat dapat tumbuh baik pula di berbagai media seperti hidroponik, lahan terbuka, taman vertikultur dan polybag atau media pot. Inilah beberapa informasi mengenai cara menanam tomat di dalam polybag.

Panduan Cara Menanam Buah Tomat di Dalam Polybag

Memilih jenis tanaman
Secara umum masyarakat membedakan tomat dari bentuk buahnya. Biasanya terdapat empat golongan tomat yang beredar di pasaran yaitu , (1) Tomat buah atau tomat granola, bentuknya bulat dengan pangkal mendatar (2) Tomat gondol, bentuknya lonjong biasa digunakan sebagai bahan baku saus, (3) Tomat sayur, teskturnya keras rasanya sedikit kecut, (4) Tomat cherry, bentuknya kecil rasanya manis kecut.
Cara menanam tomat dalam polybag tidaklah sulit. Langkah pertama pilih jenis tomat dan varietas yang akan ditanam. Sesuaikan lokasi tempat budidaya dengan varietas tomat yang akan dipilih, terutama untuk kondisi iklim dan ketinggian tempat.

Baca juga : Cara Menanam Wortel di Dalam Pot

Trik menanam tomat dalam polybag
Trik menanam tomat dalam polybag sebaiknya dilakukan melalui tahap persemaian terlebih dahulu. Benih yang bentuknya biji harus disemaikan terlebih dahulu menjadi bibit tanaman. Langkah ini dibutuhkan karena benih yang baru tumbuh memerlukan perlakuan yang berbeda dengan tanaman yang telah tumbuh besar.
Siapkanlah tempat dan media persemaian terlabih dahulu. Pilih tempat persemaian yang terlindung dari hujan dan sinar matahari secara langsung. Media persemaian bisa bermacam-macam, silahkan baca cara membuat media persemaian untuk hortikuktura.
Pemindahan bibit tomat
Sebelum bibit dipindah, siapkanlah media tanam dan polybag. Isi polybag tersebut dengan media tanah, arang sekam, dan kompos yang memiliki perbandingan 2:1:1. Terdapat dua cara menanam tomat dari tempat persemaian ke dalam polybag.
Pertama-tama, pindahkanlah bibit dengan dicabut. Caranya, siramlah persemaian dengan air agar media tanam menjadi lunak. Lalu cabutlah tanaman dengan hati-hati jangan sampai ada akar tanaman yang putus atau rusak. Kemudian masukkanlah tanaman tersebut dengan cara tegak lurus pada lubang tanam yang ada dalam polybag. Posisikan akar harus tegak lurus jangan sampai bengkok ataupun terlipat. Aturlah kedalaman lubang tanam sesuai dengan panjang akar. Kedua, pindahkanlah bibit dengan diputar dengan cara tanaman tomat diangkat dengan media yang ada disekitarnya.

Lihat juga : Cara Budidaya Jagung

Panen
Tanaman tomat dalam polybag sudah bisa dipanen setelah jangka waktu 3 bulan, tergantung dari varietasnya. Kriteria buah tomat yang telah siap dipanen adalah yang berubah warna dari hijau ke kuning-kuningan.

Seperti itulah langkah yang mesti dilakukan jika ingin menanam buah tomat yang segar. Semoga dengan tips diatas tanaman tomat anda dapat berhasil sampai berbuah dan panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585